Inilah empat alasan mengapa wanita harus mempunyai bisnis untuk ibu rumah tangga, seperti
yang diutarakan oleh GM Yummy Food Utama, Muassis Andang yang dikutip dari
Tabloid Nova.
1. Memperkecil Resiko
Di jaman sekarang ini, dimana harga segala barang kebutuhan
rumah tangga naik dan mahal, tidaklah cukup jika hanya suami saja yang bekerja
dan mencari nafkah untuk menghidupi keluarga, terkecuali jika penghasilan
bersih suami anda per bulan diatas 50 juta rupiah. Tidak ada salahnya jika
istri sebagai asisten nahkoda dari kapal yang bernama rumah tangga ikut mencari
nafkah tambahan untuk meringankan beban suami sehingga beban suami untuk
mencari penghasilan tambahan diluar jam kantor sedikit berkurang dan resiko
suami untuk ditegur kantor karena “ketahuan bisnis diluar” dan mengganggu
kinerja di kantor.
2. Multi tasking
2. Multi tasking
Multi Tasking, mungkin anda sering mendengar kata-kata tersebut
ketika anda akan membeli seperangkat komputer atau sebuah laptop. Mungkin
apabila diibaratkan, seorang wanita itu sama seperti komputer yang mampu untuk
mengerjakan beberapa pekerjaan disaat yang bersamaan, namun tentunya wanita
akan lebih unggul karena wanita adalah buatan Tuhan. Hal inilah yang tidak
dimiliki oleh seorang pria, contohlah seorang ibu rumah tangga yang setiap hari
mengurus rumah, mengurus anak, mengurus suami, belum lagi bertanggung jawab
untuk pendidikan anak dan keuangan rumah tangga.
3. Pengambil Keputusan
Tanpa kita sadari, para ibu rumah tanggalah yang mengambil
keputusan disetiap suatu keputusan diperlukan, contohnya ketika membeli perabot
rumah tangga, membeli baju untuk anak dan suami, memilih warna cat rumah,
memilih mobil, dan masih banyak hal lainnya yang keputusan akhirnya ada di
tangan seorang ibu rumah tangga.
Bisa dikatakan bahwa wanita adalah konsumen terbesar dari hampir
semua produk yang ada di pasaran, jelas Muassis. Bila kita menggunakan teknik
Reverse Enginering, yaitu membalikkan bahwa wanita sebagai seorang produsen
suatu produk maka ia akan lebih memahami keinginan pasar dan hal tersebut jelas
menguntungkan dari segi pemasaran.
4. Era Informasi
Pernahkah kita perhatikan disekitar rumah kita, setiap sore ada
ibu-ibu rumah tangga yang sedang berkumpul, entah itu sedang menyuapi anaknya,
mengobrol, ataupun hanya ikut-ikutan saja. Itulah salah satu kelebihan yang
dimiliki oleh wanita, kemampuan membentuk komunikasi dan networking. Coba kita
perhatikan, dengan sedikit senyum dan sapaan seorang wanita dapat membuka
percakapan dengan pedagang yang baru pertama kali dikenalnya.
Apalagi di era teknologi informasi seperti sekarang ini, dimana
menurut sebuah penelitian di Amerika pada tahun 2000 menunjukkan bahwa enam
dari sepuluh pengguna website adalah wanita. Sehingga dengan
kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, maka sangatlah tepat bila seorang wanita lebih cocok
berbisnis.
Sumber: Tabloid Nova
0 comments:
Post a Comment
Apa komentar anda