Para
Salesman lebih dari sepuluh tahun terakhir perlu melakukan
perubahan secara radikal dalam hal paradigma berpikirnya. Yaitu
bagaimana cara mereka memandang dunia penjualan yang semakin ketat, dan
kompetisi
yang semakin dahsyat di masa kini. Dengan demikian efektivitas menjadi
milik setiap insan yang mempercayainya. Gaya penjualan door to door,
menjual tanpa memperhatikan biaya, atau berbicara dengan cepat kepada
pelanggan – cara seperti ini TIDAK akan membawanya menjadi “Sales
Superstars”.
Dibawah ini ada 10 pola pikir dari tiga Sales Superstar (Allan Domb, Marc Mc Ever, dan John Leahy), yang perlu Anda ketahui:
Pertama, para Sales Superstar menekankan betapa pentingnya hubungan dengan pelanggan. Sehingga relasi merupakan hal mutlak dilakukan sebelum transaksi penjualqan, maupun paska penjualan. Karena hal inilah yang menjadikan penjualan berlipat ganda, karena referensi yang diberikan dari para pelanggannya.
Kedua, Sales Superstar bukan berpusat pada menjual produk, melainkan pada solusi. Karena pada hakekatnya pelanggan membeli produk karena adanya suatu masalah yang harus dipecahkan. Oleh karena itu solusi adalah hal mutlak yang selalu menjadi bagian dalam proses bekerja. Solusi akan diperoleh melalui kreativitas dan fleksibilitas.
Ketiga, Pelanggan mengasosiasikan bahwa para Salesman itu bukanlah pengganggu, pengancam, tidak bertindak terlalu agresif dan terkesan memaksa, sehingga pelanggan betul-betul menikmati hubungan bisnis.
Ke-empat, Para Sales Superstar merupakan sosok orang-orang yang energik, optimisme tinggi dan betul-betul mencintai profesinya, sehingga mereka tetap memperoleh kepuasan tak terhingga dari setiap transaksi penjualan, tanpa memperhitungkan nlai yang diperolehnya.
Kelima, Sales Superstar memiliki prinsip, bahwa apa yang dilakukan adalah merupakan inisiatifnya, bukan paksaan dari pimpinan. Serta memiliki prinsip bahwa sukses sangat tergantung pada dirinya sendiri, bukan karena orang lain !
Dibawah ini ada 10 pola pikir dari tiga Sales Superstar (Allan Domb, Marc Mc Ever, dan John Leahy), yang perlu Anda ketahui:
Pertama, para Sales Superstar menekankan betapa pentingnya hubungan dengan pelanggan. Sehingga relasi merupakan hal mutlak dilakukan sebelum transaksi penjualqan, maupun paska penjualan. Karena hal inilah yang menjadikan penjualan berlipat ganda, karena referensi yang diberikan dari para pelanggannya.
Kedua, Sales Superstar bukan berpusat pada menjual produk, melainkan pada solusi. Karena pada hakekatnya pelanggan membeli produk karena adanya suatu masalah yang harus dipecahkan. Oleh karena itu solusi adalah hal mutlak yang selalu menjadi bagian dalam proses bekerja. Solusi akan diperoleh melalui kreativitas dan fleksibilitas.
Ketiga, Pelanggan mengasosiasikan bahwa para Salesman itu bukanlah pengganggu, pengancam, tidak bertindak terlalu agresif dan terkesan memaksa, sehingga pelanggan betul-betul menikmati hubungan bisnis.
Ke-empat, Para Sales Superstar merupakan sosok orang-orang yang energik, optimisme tinggi dan betul-betul mencintai profesinya, sehingga mereka tetap memperoleh kepuasan tak terhingga dari setiap transaksi penjualan, tanpa memperhitungkan nlai yang diperolehnya.
Kelima, Sales Superstar memiliki prinsip, bahwa apa yang dilakukan adalah merupakan inisiatifnya, bukan paksaan dari pimpinan. Serta memiliki prinsip bahwa sukses sangat tergantung pada dirinya sendiri, bukan karena orang lain !
Keenam, berakhirnya tugas sebagai seorang Sales Person bukanlah ditentukan oleh jam kantor resmi. Jam kerja dari Sales person adalah seberapa lama dapat berinteraksi dengan para pelanggannya, sehingga semakin lama waktu bersama para pelanggan maka potensi penjualan pun akan semakin besar dan sukses pun lebih mudah diraih. Inilah harga yang harus dibayar untuk sebuah sukses , dengan etos kerja yang berbeda dari kebanyakan orang lain.
Ketujuh, Sales Persons yang bermental juara selalu akan melakukan intropeksi diri di dalam setiap perbedaan sasaran yang ingin dicapai. Maka tujuan utama dari hidupnya adalah Visi dan misi, yang akan di evaluasi untuk mengetahui perkembangan yang telah dilakukannya.
Kedelapan, Jiwa Sales Superstar adalah bermental Pantang mundur , namun tetap menjaga agar dirinya tidak mendapatkan stempel pengganggu bagi pelanggannya.
Kesembilan, Perencanaannya 50% menuju sukses. Etos kerja seperti inilah yang selalu dipegang teguh sebelum menemui para pelangganya. Sehingga setiap pertemuan selalu diawali dengqan rencana yang matang, persiapan yang baik dan dukungan data serta informasi yang lengkap.
Kesepuluh, Sales Superstar memiliki integritas dan dedikasi yang unggul, sehingga seorang Sales Superstar enggan untuk menonjolkan diri atau merasa sebagai jagoan. Sifat ini yang menjadikan dirinya selalu sebagai anggota Tim yang sangat disenangi, dan dapat diterima keberadaanya.
Selamat mencoba, dan percayalah bahwa kesuksesan itu ada pada diri Anda !
Sumber : Marketing
0 comments:
Post a Comment
Apa komentar anda